RSS

Al Hikam bagian7

19 Mar

61.Pengharapan yang sebenarnya ialah sesuatu yang dibarengi dengan perbuatan (usaha dan kesungguhan), bila tidak demikian yang demikian itu dinamakan angan-angan (lamunan, khayalan)

62.Harapan bagi orang yang berma’rifat kepada Allah itu adalah kesungguhan dalam menghambakan dirinya kepada Allah serta dapat menunaikan hak dan kewajibannya kepada tuhannya.

63.Bagi orang yang ahli ma’rifat, apabila berada dalam keadaan lapang itu sangan dikhawatirkan daripada apabila mereka dalam keadaan sempit (kesulitan). Dan tidak dapat tetap berdiri di atas batas-batas adab di dalam keadaan lapang kecuali sedikit.

64.Dalam keadaan lapang nafsu itu ikut ambil bagian dengan bersuka ria. Riang gembira, sedang dalam keadaan kesulitan (kesempitan) tidak ada bagian sama sekali untuk nafsu itu.

65.Apabila Allah telah membuka pintu kefahaman kepadamu di dalam penolakan-Nya, maka kembalilah penolakan itu sebagai rahmat dan nikmat dari-Nya.

66.Semua keadaan (maksudnya dunia) ini pada lahirnya adalah tipuan, sedang pada batinnya adalah sebagai pelajaran, maka nafsu hanya melihat kepada lahir tipuannya,sedang hati melihat kepada pelajaran yang terkandung di dalamnya.

67.Jika kamu menginginkan kemuliaan yang tidak akan fana (rusak), maka janganlah kamu menggantungkan dengan (terhadap) kemuliaan yang rusak itu.

68.Lipatan (jalan pintas) yang sebenarnya adalah terlipatnya jalan pintas itu (jarak) dunia darimu, sehingga kamu melihat akhirat lebih dekat kepadamu daripada dirimu sendiri.

69.Pemberian dari mahluk itu sebagai penghalang (untuk menuju kepada Allah, sebab dengan pemberian dari sang mahluk seseorang beralih pandangannya kepada orang yang memberi), sedang penolakan itu pada hakikatnya sebagai kebaikan (sebagai karunia dan rahmat daripada-Nya).

70.Maha Agung Tuhan kami, apabila seseorang itu beramal yang ditujukan kepada Allah seketika, maka Dia akan membalasnya di kemudian hari.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 19, 2011 in Religi, sufi

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: