RSS

Al Hikam bagian4

16 Mar

31.Cahaya bashirah (akal) memparsaksikan kepadamu akan dekatnya Allah daripadamu. Ainul bashirah mempersaksikan kepadamu akan ketiadaan kamu karena wujud-Nya, dan haqqul bashirah memepersaksikan kepadamu akan wujud-Nya, ketiadaan kamu dan ketiadaan pula wujudmu.

32.Janganlah kamu menggantungkan harapanmu kepada selain Allah dalam menghasilkan semua hajat. Sebab Dia adalah Dzat Yang Maha Pemurah, yang selalu menjadi tumpuan dari semua hajat yang kita butuhkan. Janganlah kamu sekali-kali memohon sesuatu kepada selain Dia.

33.Janganlah kamu sekali-kali mengakukan sesuatu hajat kepada selain Dia. Dialah yang menyampaikan (mengabulkan) hajatmu. Maka bagaimanakah selain dia bisa menyingkirkan (menghilangkan) suatu hajat yang Dia (Allah) telah meletakannya? Orang yang tidak mampu menghilangkan sesuatu hajat dirinya sendiri, maka bagaimana dia bisa menghilangkan hajat orang lain.

34.Jika kamu tidak bisa berbaik sangka kepada Allah karena sifatnya yang baik, maka berbaik sangkalah kemu kepada-Nya lantaran nikmat yang telah dilimpahkan kepadamu tiada henti-hentinya.

35.Sungguh sangat mengherankan terhadap hamba yang lari dari apa yang dia sendiri tidak bisa dipisahkan daripadanya (yakni dari Allah SWT sebab Dia Maha Kuasa, Maha Pengasih) dan mencari apa yang tidak ada keabadian baginya bersama-sama dengannya (Allah tidak bisa dipisahkan dari seorang hamba). Maka sesungguhnya yang demikian itu bukanlah buta pengelihatannya akan tetapi buta matahatinya yang tertanam dalam dada.

36.Janganlah kamu berangkat dari suatu keadaan menuju ke keadaan yang lain, maka menjadilah kamu seperti binatang khimar penarik gilingan. Dimana si khimar itu berjalan, sedang jalan yang ditempuh itu sebenarnya adalah jalan dimana dia mulai berangkat (memutar terus). Akan tetapi berangkatah (beramallah dari semua keadan menuju  kepada yang menciptakan keadaan yaitu Allah. Dan kepada Allahlah segala amal itu ditunjukan). Sesungguhnya hanya kepada Tuhanmulah tempat kamu sampai kepada tujuan.

37.Janganlah kamu berteman dengan orang yang tingkah lakunya tidak membangkitkan semangat ibadahmu dan ucapannya tidak menunjukan jalan kebenaran menuju kepada Allah. Kemungkinan kamu melakukan perbuatan jelek (kesalahan/dosa), maka ditampakan kepadamu sebagai amal kebaikan (padahal yang dilakukan oleh temanmu itu perbuatan yang melanggar agama dan kamu anggap sebagai amal kebaikan, karena jalinan persahabatanmu dengan orang yang lebih jelek tingkah lakunya daripada kamu.

38.Tidaklah sedikit amal yang keluar dari orang Zuhud, dan tidak banyak amal yang keluar dari orang yang senang terhadap harta keduniaan. ( maksudnya berlaku zuhud itu menyebabkan bertambah besarnya amal perbuatan, sebaliknya terlalu cinta keapada duniawi menyebabkan sedikitnya amal perbuatan).

39.Bagusnya amal perbuatan (yang diwujud nyatakan, yang ditampakan) itu sebagai hasil dari bagusnya keadan hati (niatnya), sedang bagusnya/ baiknya keadaan hati itu merupakan sebagian tanda ketetapan didalam kedudukan (sebagai orang yang di beri cahaya ketuhanan) yang turun kedalam hati.

40.Janganlah kamu tainggalkan Dzikir yang disebabkan ketiadaan hatimu hadir bersama-sama Allah di dalam berdzikir itu. Sebab sesungguhnya kelalaianmu kepada Allah dengan tidak adanya dzikir kepada-Nya itu lebih berbahaya daripada kelalaianmu kepada Allah dengan masih adanya dzikir kepada-Nya.  Semoga Allah menjadikan kamu dari dzikir yang disetai kelalaian menuju kepada dzikir yang disertai kesadaran (ingat kepada Allah). Dan dari dzikir yang disertai kehadiran hati kepada-Nya. Dan dari dzikir yang disetai kehadiran hati kepada-Nya menuju kepada dzikir yang disertai adanya keghaiban dari selain yang telah di sebut ( yaitu Allah) dan tidaklah yang demikian itu bagi Allah.

     
    Tinggalkan komentar

    Ditulis oleh pada Maret 16, 2011 in Religi, sufi

     

    Tag:

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

     
    %d blogger menyukai ini: