RSS

al hikam bagian3

15 Mar

21.Diantara tanda-tanda keberhasilan pada akhir tujuan (dikala menuju Allah) adalah (bisa dilihat pada saat) orang itu kembai kepada Allah pada waktu permulaan tujuan itu (yaitu disaat perjalanan menuju Allah). (Maksudnya apabila disaat dia menuju kepada Allah selalu bertaubat, bertawakal dan tidak mngendalkan ilmunya atau awalnya, maka sudah dapat diyakinkan bahwa orang itu akan bahagia dan berhasil sampai (wusul) kepada Allah. Dan wusul sampai kepada Allah inilah akhir tujuan dari orang-orang yang berangkat menuju kepada Allah)

22.Barangsiapa yang bercahaya (giat dalam beribadah) pada permulaan suluknya (menuju kepada Allah), niscaya akan bercahaya pula (jiwanya hingga mencaai ma’rifat kepada Allah) dimasa akhirnya.

23.Apa yang tersembunyi dan tersimpan dalam berbagai rahasia (hati kesamaran), maka pasti akan tampak (terwujud) pada anggota lahir (dalam berupa amalan).

24.Jauh sekali bedanya antara orang yang berdalil (mengatakan) bahwa adanya Allah menunjukan adanya alam, dan orang yang berdalil (mengatakan) bahwa adanya alam ini menunjukan adanya Allah. Orang yang berdalil bahwa adanya Allah itu menunjukan adanya alam ini (ia) mengerti bahwa yang haq (maujud) ini milik-Nya, maka dila telah menetapkan bahwa sesuatu yang baru ini asalnya dari Allah. Sedangkan orang yang berdalil (mengatakan) bahwa adanya alam ini menunjukan adanya Allah itu karena dia belum sampai kepada Allah. Bila tidak demikian, kapankah Allah itu ghaib sehingga diperlukan dalil untuk mengetahui-nya, dan kapan Allah itu jauh sehingga adanya sesuatu yang ada ini dapat menyampaikan (seseorang )kepada-Nya.

25.Tidak mendapat petunjuk orang-orang yang berjalan menuju kepada Allah dengan cahaya ibadahnya. Dan orang-orang yang telah sampai kepada Allah (washil), kepada mereka telah dicurahkan cahaya daripada-Nya. Maka golongan pertama (yaitu salik, orang yang berjalan menuju kepada Allah) menghendaki cahaya itu agar dia sampai kepada-Nya, sedangkan orang yang telah sampai (wasil) kepada Allah, maka cahaya dari Allah itu telah tetap bagi mereka. Karena mereka yang telah sampai kepada Allah (washil) hanya karena anugrah Allah, tidak karena selain Dia.

26.Usahamu untuk mengetahui apa yang tersimpan di dalam dirimu (introspeksi) dari bermacam-macam cela (aib) itu lebih baik daripada usahamu untuk mengetahui apa yang terhalang dari kamu beberapa perkara-perkara yang ghaib.

27.Allah yang hak itu tidak terhalang (tertutup) oleh sesuatu apapun. Akan tetapiyang terhalang  (tertutup) itu adalah kamu dari melihat kepada-Nya. Sebab seandainya ada sesuatu yang menghaangi-Nya, pastilah akan menutupi-Nya apa yang menghalangi-itu. Dan apabila bagi-Nya ada sesuatu yang menutupi, pastilah adanya Allah itu terkurung. Setiap yang mengurung sesuatu, maka dia menguasai semua itu. Padahal Aallah adalah Dzat Yang Maha Menguasai semua Hamba-hamba-Nya

28.Hilangkanlah (keluarkanlah)sifat-sifat kebasyirianmu (kemanusiaanmu) yang buruk dari semua sifat kehambaanmu agar supaya kamu dapat menyambut (memenuhi) panggilan Allah Yang Haq, dan dari hadirat-Nya Lebih dekat.

29.Pokok asal dari tiap-tiap perbuatan maksiat itu adalah berpaling dari Allah, dan timbulnya syahwat adalah selalu menuruti kehendak nafsu. Dan pokok asal dari setiap ketaatan ialah keengganan seseorang didalam menuruti (melayani) kehendak nafsu.

30.Demi Allah, kalau sekirannya kamu berteman (besahabat) dengan orang bodoh yang enggan dalam menuruti kehendak nafsunya, itu lebih baik daripada kamu berteman dengan seorang alim (pandai) yang rela dalam menuruti hawa nafsunya.

     
    Tinggalkan komentar

    Ditulis oleh pada Maret 15, 2011 in Religi, sufi

     

    Tag: ,

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

     
    %d blogger menyukai ini: